Berita Pilihan News

Dari Kaltara untuk Indonesia, YTPrayeh.com Wadahi Dunia Literasi

Pelangi Utara, JAKARTA – Semangat membangun dan meningkatkan dunia literasi muncul dari provinsi termuda di Indonesia, yaitu Provinsi Kalimantan Utara. Ya, dari sosok Dr. Yansen TP, M.Si gagasan muncul untuk mewadahi para penggiat literasi dan masyarakat umum lainnya dengan meluncurkan sebuah web bernama YTPrayeh.com.

YTPrayeh.com yang diluncurkan pada hari Selasa, 12 Januari 2021 adalah sebuah media warga, baik penulis amatir maupun profesional untuk menyampaikan berbagai hal dalam bentuk artikel dan feature yang ditulis dari sudut pandang tidak biasa, yang berbeda dari sudut pandang berita media arus utama.

“Hari ini kita tentu menjadi pribadi-pribadi yang siap memberi yang terbaik untuk bangsa dan negara kita hari ini dan ke depan,” ucap Dr. Yansen TP mengaku bangga, bahagia serta bersyukur ada bersama para penggiat dan tokoh-tokoh literasi dalam acara peluncuran YTPrayeh.com di Hotel Pullman Jakarta dan juga disiarkan secara virtual melalui media sosial.

Tentu para tokoh dan penggiat literasi yang turut menyaksikan secara virtual maupun hadir langsung sudah melahirkan banyak karya. Karena itu, Yansen yakin sepenggal kata ucapan yang dilakukan oleh para tokoh dan penggiat literasi ini dirangkum menjadi satu, maka itulah Indonesia yang dicita-citakan sesuai tema diskusi yang menyertai peluncuran YTPrayeh.com, yaitu “Literasi Membangun Peradaban Baru Indonesia”.

“Hari ini bersama bapak ibu dan saudara, saya meluncurkan YTPrayeh.com menjadi wadah kita bersama untuk membangun bangsa dan negara negara kita hari ini dan ke depan,” ucap birokrat dan politisi yang juga penulis ini.

 

Peluncuran YTPrayeh.com mendapat banyak apresiasi positif dari berbagai kalangan. Itu terbukti dengan hadirnya Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutan Republik Indonesia Alue Dohong yang turut juga menyampaikan dukungannya terhadap dunia literasi walaupun hanya secara virtual. Kemudian juga hadir para akademisi dari berbagai universitas di Indonesia, seperti Rektor Universitas Borneo Tarakan Prof. Dr. Adri Patton, M.Si, Dosen Universitas Pertahanan dan Ketua PP Ikatan Alumni SMA Taruna Nusantara (IKASTARA) Bidang Kejuangan dan Kebangsaan Dr. Fauzia Gustarina Cempaka Timur, M.Si (Han), Kepala Balitbang Partai Demokrat Herzaki Mahendra Putra, Penggiat Literasi dan Inovasi Kaltara Handoko Widagdo dan ada beberapa tokoh-tokoh lainnya.

Baca Juga :  Komisi II DPRD Samarinda Dukung Pembangunan RPH

Pepi Nugraha, salah seorang yang turut serta menggawangi hadirnya YTPrayeh.com bersama Dodi Mawardi dan Masri Sareb Putra yang merupakan tokoh literasi nasional mengatakan bahwa YTPrayeh.com berbeda dengan dengan media warga yang sudah ada saat ini atau sebelumnya ada.

“YTPrayeh.com itu adalah sebuah media literasi. Jadi kalau boleh saya ibaratkan dunia, ya dunianya adalah dunia literasi,” terang Pepi Nugraha yang juga merupakan pendiri media warga yang dimiliki oleh media nasional yang saat ini sudah terkenal.

“Ini model user generated content, jadi siapapun teman-teman yang punya kepedulian terhadap dunia literasi, khususnya tentang peradaban Indonesia baru ke depan, tentang kebudayaan, YTPrayeh.com terbuka untuk teman-teman masuk,” ujarnya menyilakan.

Untuk menjadi penulis di YTPrayeh.com menurutnya sangatlah mudah, karena sama halnya dengan media-media sosial lainnya yang tinggal mendaftarkan diri. Namun ia menegaskan bahwa YTPrayeh.com tidak ada niatan untuk menyaingi media warga yang sudah lebih dahulu berdiri. Sebab, web ini lebih ditekankan bersanding dengan yang lainnya.

“Mungkin teman-teman yang biasa menulis politik yang praktis, tidak bisa ada di sini. karena apa? kita kurasi. Kalau di media warga lain nulis langsung nyemplung langsung tayang, kalau di sini enggak. Enggak bisa. Ada para kuratornya, ada para administratornya dan ketat. Hanya yang terkait dengan budaya yang positif, berpikir positif ke depan mengajak kebaikan itu yang akan tampil di YTPrayeh.com,” tegasnya.

Peluncuran YTPrayeh.com dilaksanakan dengan protokol kesehatan ketat dan undangan juga terbatas yang hadir secara langsung. Peluncuran juga ditayangkan secara langsung lewat akun media sosial dan juga dilakukan dengan aplikasi rapat virtual yang diikuti peserta dari berbagai daerah di seluruh Indonesia. (PU3)

Baca Juga :  Manfaatkan Limbah Sebagai Upaya Menaikkan PAD

About the author

pelangiutara

Pelangiutara.com menyajikan berita terbaru seputar Ekonomi, Livestyle, Olahraga, Berita Hangat, Live Streamming, Informasi tersaji 24 jam, dapat dinikmati melalui desktop, laptop hingga beragam gadget atau perangkat mobile lainnya.

Add Comment

Click here to post a comment