Berita Pilihan News

Zainal-Yansen Ditetapkan Sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltara Terpilih

Pelangi Utara, TANJUNG SELOR – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) menetapkan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Kaltara nomor urut 3, Drs. H. Zainal Arifin Paliwang, SH, M.Hum dan Dr. Yansen TP, M.Si sebagai gubernur dan wakil gubernur Kaltara terpilih.

Rapat pleno penetapan yang dimulai pada pukul 10.00 Wita, Kamis 21 Januari 2021 tersebut dilaksanakan di Hotel Pangeran Khar, Tanjung Selor dan dipimpin langsung oleh Ketua KPU Provinsi Kaltara Suryanata Al Islami.

Dikatakan Ketua KPU Provinsi Kaltara Suryanata Al Islami bahwa pihaknya Rabu malam 20 Januari 2021 baru mendapatkan surat dari KPU RI setelah mendapatkan surat dari Mahkamah Konstitusi (MK) tentang buku registrasi perkara konstitusi yang di dalamnya tidak ada sengketa hasil pemilihan untuk pemilihan gubernur dan wakil gubernur provinsi Kaltara.

Oleh sebab itu, penetapan gubernur dan wakil gubernur terpilih yang KPU Provinsi Kaltara lakukan sudah didasari dengan beberapa hal, baik Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU), surat rigester dari MK dan termasuk surat perintah dari KPU RI.

“Kesatu, menetapkan pasangan calon terpilih dalam pemilihan gubernur dan wakil gubernur Kaltara Tahun 2020 nomor urut 3 atas nama Drs. H. Zainal Arifin Paliwang, SH, M.Hum dan Dr. Yansen TP, M.Si dengan perolehan suara 145.778 dari total suara sah,” ucap Suryanata membacakan keputusan penetapan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Kaltara terpilih dalam pemilihan gubernur dan wakil gubernur Kaltara Tahun 2020.

“Kedua, pasangan calon terpilih sebagaimana dimaksud dalam diktum kesatu ditetapkan sebagai gubernur dan wakil gubernur Kaltara terpilih hasil pemilihan gubernur dan wakil gubernur Kaltara Tahun 2020. Ketiga, keputusan ini berlaku sejak tanggal ditetapkan. Ditetapkan di Tanjung Selor pada tanggal 21 Januari 2021,” sambungnya.

Baca Juga :  Komisi II DPRD Samarinda Berharap TWAP Dapat Mendorong Pengembangan Ekonomi di Samarinda

Sebagai informasi, sesuai data perolehan suara pasangan calon yang ditetapkan oleh KPU Provinsi Kaltara yaitu untuk nomor urut 1 H. Udin Hianggio, B.Sc – Dr. Drs. H. Undunsyah, M.Si, M.H memperoleh 62.143 suara, kemudian pasangan nomor urut 2 Dr. H. Irianto Lambrie – H. Irwan Sabri, SE memperoleh 109.968 suara dan pasangan nomor urut 3 Drs. H. Zainal Arifin Paliwang, SH, M.Hum – Dr. Yansen TP, M.Si memperoleh 145.778 suara. (PU3)

About the author

pelangiutara

Pelangiutara.com menyajikan berita terbaru seputar Ekonomi, Livestyle, Olahraga, Berita Hangat, Live Streamming, Informasi tersaji 24 jam, dapat dinikmati melalui desktop, laptop hingga beragam gadget atau perangkat mobile lainnya.

Add Comment

Click here to post a comment