News Politik

Yansen: AHY Sudah Tepat, Jangan Usik Partai Demokrat!

Pelangi Utara, MALINAU – Partai Demokrat tengah digempur isu kudeta terhadap kepemimpinan AHY sebagai Ketua Umum. Menyikapi hal itu, Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) hingga ranting dan seluruh kadernya menegaskan, solid mendukung kepemimpinan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai Ketua Umum (Ketum) Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrat dan akan terus mengawal kepemimpinanya.

Hal itu ditegaskan Ketua DPD Partai Demokrat Kaltara Dr. Yansen TP, M.Si yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Umum Partai Demokrat, saat dihubungi melalui sambungan telepon selulernya pada Selasa malam (2/2/2021).

Pria yang akrab dengan sapaan YTP ini menyebut, apa yang dilakukan oleh oknum-oknum kader aktif maupun yang sudah keluar dari Partai Demokrat, serta orang di luar partai yang ingin menggulingkan kepemimpinan AHY adalah hal yang aneh atau tidak wajar, ditengah gencarnya Partai Demokrat menangani Pandemi Covid-19 bersama rakyat dan pemerintah.

“Aneh bagi kami, dan menimbulkan pertanyaan ada apa? tidak ada hujan, tidak ada angin, bagaikan petir di siang bolong muncul sekelompok orang, merencanakan konferensi luar biasa (KLB) untuk mengganti ketum AHY,” ucapnya.

Bukan tanpa alasan, menurut pria 61 tahun ini, AHY terpilih menjadi Ketua Umum setelah melalui proses demokrasi yang sesuai dalam aturan partai, meskipun secara Aklamasi. Sehingga, apa yang dilakukan oleh oknum-oknum yang ingin menggulingkan AHY adalah tak lain dan tak bukan adalah ambisi dan kepentingan pribadi semata.

“Tidak etis orang-orang yang punya ambisi, punya pikiran-pikiran dan niat-niat pribadi berkonspirasi dengan orang luar mengganggu Demokrat. Apalagi ingin membuat KLB (Konferensi Luar Biasa) mengganti Ketum AHY,” tegas Yansen.

“AHY dipilih secara aklamasi melalui proses demokrasi yang benar dalam Partai Demokrat. Sesuai anggaran dasar dan anggaran rumah tangga partai (Demokrat). Jadi tidak ada alasan apapun untuk menghentikan keputusan itu dengan, kepentingan di luar daripada kepentingan Partai Demokrat dalam konstelasi politik nasional,” sambungnya.

Baca Juga :  Komisi III DPRD Samarinda Soroti Persoalan Parkir Truk Sembarangan

Maka dari itu, dirinya beranggapan tidak tepat jika ada orang-orang yang punya kepentingan tertentu, mengusik partai besutan Presiden SBY ini. Untuk itu, ia meminta, para kader yang terlibat dan ingin melengserkan AHY, untuk undur diri atau keluar dari keanggotaan partai berlambang merci itu.

“Kalau tidak puas dengan Demokrat silakan keluar, kan begitu. Puas tidak puas, namanya demokrasi harus dihormati. Apapun alasannya kalau mereka (oknum-oknum) punya pendapat seperti (kudeta) itu, kami juga punya pendapat, bahwa kami dalam Partai Demokrat yakin AHY sudah tepat memimpin dan menahkodai Partai Demokrat serta membawa Demokrat menjadi partai yang terhormat di Indonesia,” yakinnya.

“Partai manapun di Indonesia punya keyakinan akan pemimpin partainya. Kami merasakan kepemimpinan AHY sangat representatif membesarkan Demokrat,” lanjutnya.

Dikatakan pria yang juga masih menjabat sebagai Bupati Malinau, Partai Demokrat sudah dewasa dan besar, maka semua kader juga harus menjunjung tinggi kehormatan partai. Pun dirinya minta para kader Demokrat Kaltara untuk tidak terbawa ambisi orang yang sebenarnya tidak bertanggung jawab ingin membesarkan partai bagi kepentingan nasional.

“Saya harapkan kepada seluruh kader di Kaltara tetap tegak lurus kesetiaannya kepada partai, kepada Ketum AHY. Jangan ada yang terbawa bahkan ikut situasi tidak sehat yang diciptakan oknum tak bertanggung jawab dalam suasana politik ini. Apalagi saa kita menghadapi pandemi Covid-19 ini, ya jangan membuat hal-hal yang tidak baiklah dalam suasana kita sama-sama menghadapi pandemi ini,” pesannya.

Demokrat, lanjut Yansen, sudah eksis dan menjalankan tugas-tugasnya sebagai sebuah partai dengan memberi masukan kepada pemerintah, menciptakan keseimbangan dalam politik, dan turut juga membangun bangsa dan negara melalui peran Demokrat di tengah masyarakat.

Baca Juga :  DPRD Samarinda Dukung Sosialisasi Program Jeng Rinda Secara Masif

“Saya juga mengharapkan semua ketua DPC sampai ranting dan seluruh kader-kader agar teguh dan bersatu rapatkan barisan, hadapi dan lawan setiap rencana dan pikiran-pikiran jahat dari orang-orang yang sengaja menciptakan situasi yang tidak baik dalam Demokrat,” pintanya.

Menurutnya, upaya untuk melengserkan kepemimpinan AHY dan mengubah kepengurusan Partai Demokrat saat ini merupakan politik orang tertentu.

“Saya tidak sebut siapa. Tetapi siapapun itu yang punya kepentingan politik, jangan ganggu Demokrat. Jangan usik Demokrat. Demokrat bukan partai kecil. Kalau mau bentuklah (partai) untuk kepentingan politik. Jangan juga menilai dari luar. Masuklah ke dalam. Ya kalau memang mau jadi kader Partai Demokrat, masuklah jadi kader yang baik. Jangan ujug-ujug,” terangnya.

Pun dirinya meminta pada pihak-pihak yang mencoba melakukan kekisruhan di Partai Demokrat untuk tahu diri, paham dan mengerti dari mana asalnya. Hormati dan junjung tinggi kehormatan diri dan hormati Partai Demokrat sebagai salah satu partai yang pernah memimpin negara ini.

“Mari kita saling menghormati, saling menghargai. Mari kita ciptakan suasana politik nasional yang damai untuk kepentingan Indonesia ke depan,” pintanya.

Dirinya juga berpesan, apa yang dilakukan Partai Demokrat saat ini untuk menciptakan penguatan kontribusi partai masing-masing. Ada partai yang berkuasa, ada yang oposisi dan ada yang menjadi kekuatan keseimbangan. Jadi diharapkan agar jangan mencoba untuk mengusik dan merusak eksistensi partai-partai yang ada. Khususnya Demokrat yang saat ini dipimpin oleh AHY.

“Apapun yang kalian rencanakan, kalau Tuhan tidak menghendaki, tidak akan jadi. Tapi kalau Tuhan menghendaki, apapun bisa terjadi, termasuk jika Tuhan berkehendak AHY menjadi pemimpin nasional, tidak ada yang bisa membelokkannya. Janganlah kita dikendalikan oleh ambisi kita. Karena sata ambisi berkuasa, eksistensi akal sehat bisa hilang,” pungkasnya. (PU1)

Baca Juga :  DPRD Samarinda Harapkan Anggaran Masalah Banjir Dapat Tepat Sasaran

About the author

pelangiutara

Pelangiutara.com menyajikan berita terbaru seputar Ekonomi, Livestyle, Olahraga, Berita Hangat, Live Streamming, Informasi tersaji 24 jam, dapat dinikmati melalui desktop, laptop hingga beragam gadget atau perangkat mobile lainnya.

Add Comment

Click here to post a comment