News Peristiwa

Alhamdulillah, Korban Kebakaran Nunukan Terima Santunan Gubernur Rp10 Juta/KK

Pelangi Utara, NUNUKAN – Kebakaran terjadi di Jalan Bahari, Kawasan Pasar Lama, Kabupaten Nunukan, Selasa (23/03/2021) dini hari. Berdasarkan data yang dihimpun dari Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Nunukan, sebanyak 16 Bangunan dan Ruko hangus dilalap api yang berkobar pada pukul 01.15 Wita. Akibatnya, sebanyak 20 kepala keluarga (KK) harus kehilangan tempat tinggal mereka.

Mengetahui masyarakatnya tertimpa musibah, Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara), Zainal Arifin Paliwang langsung meninjau lokasi kebakaran pada Selasa (23/03/2021) sore, sekitar pukul 15.30 Wita. Didampingi Bupati Nunukan Hj Asmin Laura Hafid, Kapolres Nunukan AKBP Syaiful Anwar, serta Komandan Kodim 0911 Nunukan Letkol CZi Eko Pur Indriyanto.

Dalam kunjungannya, Gubernur Zainal mengaku perihatin atas musibah tersebut. Sebagai bentuk kepedulian, dirinya memberikan bantuan berupa uang tunai sebesar Rp 10 Juta, kepada setiap kepala keluarga yang menjadi korban kebakaran.

“Semoga bantuan ini dapat sedikit mengurangi beban para korban, dan kembali membangkitkan semangat korban yang tertimpa musibah ini. Kita juga upayakan bantuan sembako untuk para korban,” ungkap Gubernur Zainal.

Pria kelahiran Makassar ini mengaku terkejut, saat menerima kabar peristiwa kebakaran kawasan padat penduduk yang menjadi salah satu pusat ekonomi masyarakat di tengah kota Pulau Nunukan. Maka dari itu dirinya memutuskan untuk meninjau langsung penanganan dilokasi kebakaran.

“Kita (pemerintah) harus bergerak cepat untuk menangani musibah kebakaran ini, dengan melihat langsung lokasi kebakaran dan berkomunikasi dengan Bupati Nunukan untuk menanggulangi dengan segera,” jelas Gubernur Zainal.

Dengan tegas pria yang pernah menjabat sebagai Wakapolda Kaltara ini mengungkapkan, Pemprov Kaltara akan terus berkomitmen menanggulangi musibah kebakaran yang terjadi di Bumi Benuanta. Salah satu upaya yang dilakukan yakni dengan memasang pipa air, untuk memudahkan pemadaman api.

Baca Juga :  Program Doctor on Call di Samarinda Harus Dibarengi Dengan Infrastruktur Kesehatan yang Memadai

“Saya sudah sampaikan ke BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Provinsi Kaltara untuk segera melakukan pencegahan lanjutan, kita akan bangun pipa air sebagai pencegahan kebakaran dini di rumah warga,” ujarnya.

Tak lupa Gubernur Zainal mengimbau masyarakat Kaltara untuk lebih waspada. Terlebih saat meninggalkan rumah dalam kurun waktu yang cukup lama. Salah satu Tips yang ia sarankan adalah dengan mematikan saluran listrik. (PU1)

About the author

pelangiutara

Pelangiutara.com menyajikan berita terbaru seputar Ekonomi, Livestyle, Olahraga, Berita Hangat, Live Streamming, Informasi tersaji 24 jam, dapat dinikmati melalui desktop, laptop hingga beragam gadget atau perangkat mobile lainnya.

Add Comment

Click here to post a comment