News Peristiwa

Komisi III DPRD Samarinda Terima Keluhan Warga Terkait Tambang Ilegal

Komisi III DPRD Samarinda, Markaca.

PelangiUtara.com –Laporan tambang ilegal yang beroperasi di daerah Muang Dalam, Kelurahan Lempake, Kecamatan Samarinda Utara, sampai kepada Komisi III DPRD  Kota Samarinda pada Kamis 7 Oktober lalu.

Laporan tersebut disampaikan oleh warga setempat yang menolak adanya tambang ilegal di daerah Muang Dalam.

Komisi III DPRD Samarinda, Markaca membenarkan hal tersebut ketika ia mendatangi warga setempat. Ia mengatakan, warga sangat merasa tidak nyaman dengan adanya tambang ilegal tersebut karena memberi dampak buruk dari penambangan liar yang tidak mempunyai izin.

Markaca menjelaskan warga sempat menolak adanya penambangan ilegal di daerah mereka pada 2016. Hanya saja penolakan tersebut tidak dihiraukan oleh pihak penambang liar karena belum adanya kepastian dampak lingkungan dari hasil penambangan ilegal tersebut.

Markaca juga menjelaskan bila ia tidak mempunyai wewenang atas pencabutan tambang ilegal. Ia hanya bisa meneruskan laporan ini kepada pihak yang berkenaan, yakni Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Samarinda, Polresta Samarinda, dan Inspektorat Tambang.

Selain pihak terkait, Politisi dari fraksi Gerindra juga akan melakukan tinjauan lapangan dari laporan warga Muang Dalam, terhadap penambang ilegal yang ada di daerah mereka.

“Usai pertemuan dengan warga, kami akan kembali melakukan rapat dengar pendapat (RDP) bersama perusahaan tambang dan dinas terkait,” ungkapnya. (Pu/ist/jw)

Baca Juga :  Ketua DPRD Samarinda Harapkan Musda DAD Dapat Memupuk Persatuan dan Kesatuan

About the author

pelangiutara

Pelangiutara.com menyajikan berita terbaru seputar Ekonomi, Livestyle, Olahraga, Berita Hangat, Live Streamming, Informasi tersaji 24 jam, dapat dinikmati melalui desktop, laptop hingga beragam gadget atau perangkat mobile lainnya.

Add Comment

Click here to post a comment