News

DPRD Samarinda Bentuk Pansus Atasi Maraknya Parkir Truk di Jalan Hingga Drainase Tidak Efektif

Pelangi Utara – Truk yang sering melintas di jalan umum, terutama di kawasan metropolitan, dan parkir sembarangan telah menyebabkan beberapa kecelakaan, termasuk korban jiwa. Selain itu, pemasangan infrastruktur jalan seperti trotoar di sejumlah ruas jalan umum metropolitan dinilai tidak efektif bagi pejalan kaki. Hal ini karena beberapa di antaranya dibangun tanpa memperhatikan estetika atau fungsi lainnya. Hal ini dinilai tidak efisien dan tidak sesuai untuk pembangunan jalan perkotaan pada umumnya.

DPRD Samarinda membentuk panitia khusus (Pansus) untuk menindaklanjuti beberapa keluhan dan kekhawatiran di Kota Tepian yang masih semrawut akibat beberapa permasalahan di lapangan dan kemarahan masyarakat terkait penggunaan jalan tersebut. Tujuan dibentuknya Pansus adalah untuk mengatasi dan menyelesaikan persoalan-persoalan masyarakat sehingga dapat dibentuk suatu kerangka hukum untuk melakukan pengawasan dan penindakan terhadap orang-orang yang melanggar hukum.

“Ini sebenarnya hasil kajian kami juga di Komisi III DPRD Samarinda sering turun ke lapangan melihat pemanfaatan pembangunan infrastruktur jalan dan drainase yang perlu ditata dengan baik ke depannya,” ungkap Markaca, Ketua Pansus III DPRD Samarinda.

Lebih lanjut Markaca mengatakan, banyaknya mobil pengangkut barang atau truk yang terus melintas pada siang hari hingga lewat dari pukul 10 malam, membuat kawasan tersebut terlihat ramai. Kemudian dia mengeluh tentang mobil dan truk tronton yang terus memarkir kendaraannya di lokasi yang tidak nyaman. Akibat ulah sopir truk yang tidak jujur itu, banyak orang menjadi korban. Pihaknya akan melakukan pertemuan dengan Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) Pemkot Samarinda untuk membahas Raperda tersebut.

Baca Juga :  DPRD Kota Samarinda : Perusahaan yang Tidak Taat UU Ketenagakerjaan

About the author

pelangiutara

Pelangiutara.com menyajikan berita terbaru seputar Ekonomi, Livestyle, Olahraga, Berita Hangat, Live Streamming, Informasi tersaji 24 jam, dapat dinikmati melalui desktop, laptop hingga beragam gadget atau perangkat mobile lainnya.

Add Comment

Click here to post a comment