News

DPRD Samarinda : Masyarakat Harus Meningkatkan Kualitas Diri Dalam Menghadapai IKN

Pelangi Utara – Kota Samarinda, merupakan salah satu kawasan penyangga Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Akibatnya, masyarakat Samarinda harus meningkatkan kualitas sumber dayanya. H Joha Fajal, Ketua Komisi 1 DPRD Kota Samarinda, mengatakan hal pertama yang perlu disiapkan masyarakat Samarinda sebagai buffer zone IKN Nusantara adalah SDM, karena kualitas SDM merupakan faktor terpenting dalam segala hal.

“Untuk itu, para pemuda yang masih duduk di bangku kuliah diminta jeli membaca peluang apa saja yang dibutuhkan ketika IKN Nusantara benar-benar pindah ke Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian di Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim) mulai 2024,” ungkapnya.

Mahasiswa jurusan pertanian akan dapat berperan lebih aktif dalam memenuhi kebutuhan pangan seiring dengan pertumbuhan penduduk Kaltim yang mencapai 1,2 juta jiwa. Intensifikasi lahan merupakan salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan pangan.

“Kebutuhan pangan yang harus disiapkan mulai sekarang tentu bukan hanya padi, jagung, singkong, maupun tanaman pangan lain hingga produk turunannya, tapi juga dari subsektor peternakan hingga perikanan,” jelasnya.

Selain masyarakat yang harus mengembangkan bakatnya sendiri, pemerintah juga harus menyiapkan SDM agar Samarinda bisa menjadi penyangga IKN dan keduanya bisa saling membantu.

Baca Juga :  DPRD Samarinda Terima Aduan Penggusaran PKL di Polder Air Hitam

About the author

pelangiutara

Pelangiutara.com menyajikan berita terbaru seputar Ekonomi, Livestyle, Olahraga, Berita Hangat, Live Streamming, Informasi tersaji 24 jam, dapat dinikmati melalui desktop, laptop hingga beragam gadget atau perangkat mobile lainnya.

Add Comment

Click here to post a comment