News

Andi Harun-Rusmadi, DPRD Samarinda Berharap Pro-Bebaya Bisa Maksimal Setelah Setahun Evaluasi

Pelangi Utara – Andi Harun-Rusmadi Wongso, Walikota dan Wakil Walikota Samarinda, telah menjabat selama satu tahun, setelah dilantik pada 26 Februari 2021. Subandi, Wakil Ketua DPRD Samarinda, mengkritik kinerja Andi Harun-Rusmadi selama masa jabatannya selama satu tahun. Dia mencatat Pro Bebaya, salah satu program kerja, visi, dan misi Andi Harun di bawah Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), belum berjalan dengan baik. Banyak pihak, katanya, yang kesal dengan cara Pemkot Samarinda menghitung pengeluaran keuangannya.

“Karena ini masalah angka-angka (uang) maka harusnya Pemkot Samarinda memberikan bimbingan teknis ke RT agar mereka bisa paham,” jelas Subandi.

Subandi mengakui skema Rp 100-300 juta per RT sangat bagus, namun perlu pengawasan dan pendampingan agar dana yang dialokasikan dapat dibelanjakan secara efisien dan akurat. Saat ini, setiap RT kesulitan menghitung anggaran yang telah dikeluarkan.

“Berikan bimbingan dengan laporan yang mudah, tidak menyalahi aturan. Jangan sampai laporan dibuat yang sulit sehingga memberatkan,” ungkapnnya.

Oleh karena itu, Subandi mendorong Pemkot Samarinda untuk segera melakukan proses pendampingan teknis kepada RT agar dapat menghasilkan laporan pertanggungjawaban. Sehingga tidak ada masalah hukum di kemudian hari. Menurut laporan, Pemerintah Kota Samarinda akan mengalokasikan Rp. 75 juta untuk program Pro Bebaya dalam APBD Murni 2022. Sementara itu, APBD Perubahan 2022 akan menyalurkan Rp. 25 juta. Alhasil Rp 100 juta.

Di sisi lain, Subandi memuji kiprah Andi Harun-Rusmadi Wongso sebagai Walikota dan Wakil Walikota selama setahun terakhir. Andi Harun memaksimalkan kinerjanya meski tidak memiliki anggaran untuk 2021 dengan mengatur jalan umum, sampah, dan pengerukan parit.

Baca Juga :  Komisi IV DPRD Samarinda Berharap Dapat Menekan Angka Pengangguran

About the author

pelangiutara

Pelangiutara.com menyajikan berita terbaru seputar Ekonomi, Livestyle, Olahraga, Berita Hangat, Live Streamming, Informasi tersaji 24 jam, dapat dinikmati melalui desktop, laptop hingga beragam gadget atau perangkat mobile lainnya.

Add Comment

Click here to post a comment