Ekonomi News Peristiwa

Kelangkaan Minyak Goreng Belum Ada Titik Temu, Komisi II DPRD Samarinda Gelar Hearing

Pelangi Utara – Sudah dua bulan sejak kenaikan harga minyak goreng hingga menyebabkan kelangkaan terjadi pada akhir-akhir ini. Hal tersebut membuat banyak masyarakat merasa kesulitan. Menanggapi hal tersebut Komisi II DPRD Samarinda menggelar hearing bersama Dinas Perdagangan terkait kelangkaan minyak goreng bertempat di Ruang Utama Gedung DPRD Samarinda, Senin (7/3/2022).

Subandi selaku Ketua Komisi II DPRD Samarinda yang langsung memimpin rapat tersebut menjelaskan, tujuan hearing ini untuk menindaklanjuti keluhan serta menyampaikan aspirasi masyarakat terkait kelangkaan minyak goreng.

“Karena sudah banyak keluhan dari masyarakat, maka kami memanggil Dinas Perdagangn Samarinda meminta penjelasannya,” jelas Subandi.

Subandi menyatakan, penyebab kelangkaan minyak goreng yang akhir-akhir ini terjadi bukan dikarenakan penimbunan di distributor, melainkan berada pada produksi stock minyak gorengnya sendiri.

Ia menambahkan, bahwa yang terjadi di lapangan yaitu para agen memesan sebanyak 10 kontainer minyak goreng seperti biasa yang cukup untuk menutupi kebutuhan warga Samarinda. Namun, pihak perusahaan yang memproduksi minyak goreng hanya mengirimkan 1 kontainer.

Menurutnya, 1 kontainer itu sudah pasti tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan minyak goreng masyarakat Samarinda. Selain itu, kelangkaan minyak goreng merupakan permasalahan nasional. Oleh karena itu, pihak Dinas Perdagangan berencana menggantikan dengan menyediakan minyak curah.

Subandi bersama pihaknya juga telah mengusulkan alternatif kepada Pemkot Samarinda. Untuk mengatasi kelangkaan ini, akan didatangkan minyak curah dari Balikpapan yang akan diakomodir oleh Perusahaan Daerah Pergudangan dan Aneka Usaha (PDPAU). Nantinya minyak-minyak tersebut akan didistribusikan ke masyarakat melalui RT masing-masing.

Ia berharap, Pemkot Samarinda segera mengeksekusi alternatif tersebut agar kelangkaan minyak goreng di Samarinda tidak berlangsung lama. (Pu/ist/jrd)

Baca Juga :  Akhiri Polemik, Gubernur dan Wali Kota Tarakan Sepakat Serah Terima Aset

About the author

pelangiutara

Pelangiutara.com menyajikan berita terbaru seputar Ekonomi, Livestyle, Olahraga, Berita Hangat, Live Streamming, Informasi tersaji 24 jam, dapat dinikmati melalui desktop, laptop hingga beragam gadget atau perangkat mobile lainnya.

Add Comment

Click here to post a comment