News

Komisi II DPRD Samarinda Minta Perumdam Fokus Pada Penambahan Jaringan Pipa

Pelangi Utara – Anggota Komisi II DPRD Samarinda, Abdul Rofik, menyoroti kenaikan tarif air yang berkisar Rp 7.540 per kubik sejak awal April.

Rofik mengatakan, kenaikan tarif air ini sebelumnya harus dianalisa secara akademik dan riset terlebih dahulu. Ia menekankan agar perumdam tidak tergesa-gesa dalam mengambil keputusan untuk menaikan tarif air walaupun saat ini membutuhkan biaya yang sangat besar.

“Menurut saya kenaikan tarif itu waktunya tidak tepat, karena saat ini banyak kalangan masyarakat yang sedang susah. Semua barang pokok naik,” ujarnya.

Menurutnya, sebelum menaikan tarif air, pihak Perumdam Tirta Kencana sebisa mungkin menggandeng lembaga perguruan tinggi untuk melakukan riset yang akurat sesuai kebutuhan masyarakat.

“Karena ketika menaikkan tarif ini, mungkin masyarakat menengah ke bawah yang tidak mampu membayar. Berbeda jika orang kaya, mungkin mampu,” tuturnya.

Selama pandemi Covid-19, ia menyebut, jika harga kebutuhan masyarakat seperti BBM jenis Pertamax mengalami kenaikan harga Pajak Pertambahan Nilai (PPN) sebesar 11 persen.

“Semakin kompleks penderitaan masyarakat, apalagi kita semua tahu bahwa ekonomi masyarakat belum pulih setelah dihantam badai Covid-19 ini,” pungkasnya.

Sementara itu, anggota Komisi II DPRD, Kamaruddin, ikut menanggapi soal kenaikan tarif ini. Ia menyebut, Perumdam Tirta Kencana disarankan untuk fokus pada penambahan jaringan pipa air baru, karena masih ada beberapa masyarakat yang belum mendapatkan air bersih.

“Instalasi Pengolahan Air (IPA) sudah mencukupi, tapi jaringan pipa primer dan sekunder sangat minim,” Ujar Kamaruddin.

Ia berharap agar Perumdam Tirta Kencana bisa meningkatkan kualitas air, serta pendistribusian air bersih ke seluruh masyarakat, terutama masyarakat di pinggir kota yang belum mendapatkan air dari Perumdam tersebut.

Baca Juga :  Komisi II DPRD Samarinda Optimis Kota Samarinda Bisa Tingkatkan Lahan Pertanian Sebagai Ekowisata

About the author

pelangiutara

Pelangiutara.com menyajikan berita terbaru seputar Ekonomi, Livestyle, Olahraga, Berita Hangat, Live Streamming, Informasi tersaji 24 jam, dapat dinikmati melalui desktop, laptop hingga beragam gadget atau perangkat mobile lainnya.

Add Comment

Click here to post a comment