News

Komisi III DPRD Samarinda Soroti Ambruknya Plafon Perpustakaan Samarinda

Pelangi Utara – Komisii III DPRD Samarinda menyoroti setelah terjadi insiden ambruknya plafon interior lantai 3 di Gedung Perpustakaan Samarinda Jalan Kesuma Bangsa.

Angkasa Jaya selaku Ketua Komisi III DRPD Samarinda menegaskan pihaknya untuk meninjau lokasi gedung segera setelah mengetahui kondisi bangunan di lantai 3 tersebut.

Pembangunan perpustakaan ini menggunakan anggaran sebesar Rp 20 Miliar dari anggaran pemerintah pusat melalui Dana Alokasi Khusus Perpustakaan Nasional.

Sebagai pihak legislatif, peninjauan ini diberlakukan sebagai kewajiban tugas fungsi atau tupoksi yang bermitra dengan pemerintah yang mengawasi gedung tersebut. Peninjauan dilakukan pada 28 April 2022 untuk melihat langsung kondisi di lapangan.

Angkasa menyayangkan insiden tersebut, karena gedung ini baru saja difungsikan beberapa bulan lalu dengan menghabiskan anggaran sebesar Rp 10 Miliar.

Sebelumnya, Komisi III DPRD Samarinda melakukan tinjauan pada gedung tersebut pada tahun 2021 sebelum diserahterimakan kepada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Pemerintah Kota Samarinda. Namun Komisi III DPRD Samarinda memiliki keraguan terhadap konstruksi bangunan yang selesai dikerjakan sejak Desember 2021.

Kendati demikian, Angkasa mengungkapkan jika Komisi III DPRD Samarinda secara teknis tidak bisa memberikan masukan terkait kualitas dan bahan bangunan yang bersumber dari anggaran DAK Perpusnas tersebut. Selain itu, pihaknya menganggap sudah ada pengawasan dari Inspektorat dan auditor juga sudah menerima semua laporannya.

“Tapi sungguh disayangkan. Gedung yang baru dibangun ini malah ambruk saat hujan deras beberapa hari lalu. Maka dari itu, kami akan melakukan sidak untuk mengetahui kondisi real di lapangan,” ujar Angkasa Jaya.

Baca Juga :  Wakil Ketua Komisi IV DPRD Samarinda : RUU Sistem Pendidikan Nasional Tak Sejaterahkan Guru

About the author

pelangiutara

Pelangiutara.com menyajikan berita terbaru seputar Ekonomi, Livestyle, Olahraga, Berita Hangat, Live Streamming, Informasi tersaji 24 jam, dapat dinikmati melalui desktop, laptop hingga beragam gadget atau perangkat mobile lainnya.

Add Comment

Click here to post a comment