News

Komisi IV DPRD Samarinda Apresiasi Capaian UHC Samarinda di Angka 95,77 Persen, Sekda Samarinda Ungkap Beberapa Sumber Pendanaan Kesehatan

Pelangi Utara – Sri Puji Astuti, Ketua Komisi IV Samarinda menyampaikan apresiasinya kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda atas capaian Universal Health Coverage (UHC) Kota Samarinda yang berkisar di angka 95,77 persen. Poin UHC tersebut terkhusus pada program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

Capaian ini juga merupakan pertanda bahwa mayoritas masyarakat telah menjadi peserta pada jaminan kesehatan, yakni BPJS. Ketercakupan ini tak lantas membuat pemerintah acuh pada masyarakat bukan peserta JKN-KIS. Oleh karena itu, Puji menyebut pihaknya akan mencari penyebab mengapa ada masyarakat yang belum terdaftar.

“Alhamdulillah, Samarinda sudah UHC. Tinggal bagaimana kita bersama untuk mengejar sisanya. Karena di lapangan banyak warga yang ingin menjadi peserta. Ini yang perlu dicari benang merahnya,” jelas Puji.

Mengenai cakupan yang masih perlu ditingkatkan, Sekretaris Daerah Samarinda, Hero Mardanus turut buka suara. Menurutnya, sosialisasi JKN-KIS perlu ditingkatkan sampai ke level paling dekat dengan masyarakat yakni RT.

“BPJS bisa mengoptimalkan sosialisasi hingga ke tingkat RT,” ujarnya.

Dirinya juga menjelaskan adanya langkah lain yang sudah dilakukan pemerintah selain jaminan kesehatan, yakni melalui program Pro Bebaya yang merupakan program unggulan walikota.

“Padahal juga ada PBI lewat Pro Bebaya tapi masih ada masyarakat miskin yang belum terlayani,” ungkap Hero Mardanus.

Hero Mardanus menambahkan, sumber pembiayaan kesehatan juga bisa didapat dari bantuan perusahaan yang berada dalam koordinasi Dinas Tenaga Kerja.

“Selain melalui sumber pembiayaan tadi, bisa juga dikondisikan melalui program bantuan dari perusahaan-perusahaan yang sudah jalan di bawah koordinasi Dinas Tenaga Kerja. Minimal warga di sekitar perusahaan,” ia menekankan.

Baca Juga :  Cegah Banjir, DPRD Samarinda Ajak Pemerintah dan Masyarakat Lakukan Kerja Bakti Secara Rutin

About the author

pelangiutara

Pelangiutara.com menyajikan berita terbaru seputar Ekonomi, Livestyle, Olahraga, Berita Hangat, Live Streamming, Informasi tersaji 24 jam, dapat dinikmati melalui desktop, laptop hingga beragam gadget atau perangkat mobile lainnya.

Add Comment

Click here to post a comment