News

DPRD Samarinda Gelar Rapat Harapkan Realisasi Anggaran Capai 70 Persen

Pelangiutara.com – Pelaksanaan APBD (2022) berakhir ketika pengurus setiap Badan Usaha Milik Daerah (OPD) wajib melaporkan kepada DPRD atas capaian pengelolaan anggaran  sebagai mitra  eksekutif.

Setelah itu Komisi I DPRD Samarinda akan menggelar rapat koordinasi dengan masing-masing OPD yaitu. Kesbangpol, BKP2D, Diskkatail dan PUPR dengan Departemen Pertahanan.

Beberapa rekan kerja  Komisi I DPRD Samarinda menggelar rapat koordinasi pelaksanaan APBD murni 2022 untuk setiap usulan program kerja  OPD APBD 2023 mendatang.

Joha Fajal yang mengetuai Panitia I DPRD Samarinda, kemudian mengatakan mendapat beberapa informasi tentang pelaksanaan APBD 2022 dari seluruh OPD yang diundang.

Joha mengatakan, karena pihaknya menangani tugas dan fungsi pengendalian anggaran, maka pelaksanaan APBD  harus dilaporkan dalam anggaran  tahun depan.

“Dapat disimpulkan dari laporan masing-masing OPD  bahwa pelaksanaan anggaran telah meningkat menjadi lebih dari 70 persen,” kata Joha.

Ia juga menilai, pelaksanaan keempat OPD APBD 2022  dinilai berjalan optimal. Misalnya, program kerja Diskkatail yang menyedot anggaran, yang utamanya terkait dengan pengelolaan identitas warga yang tersimpan.

“Contoh program Diskatail dalam APBD 2022, anggaran pengadaan perangkat pendaftaran KTP dan pembuatan akta untuk anak melalui program Paviliun Mandiri,” ujarnya.

Dijelaskan pula bahwa program ini dinilai sangat berhasil dan memfasilitasi penggunaan kartu identitas dan akta kelahiran dan kematian serta isu-isu kemasyarakatan lainnya. Program  berjalan sesuai usulan anggaran APBD 2022.

“Dengan adanya program ini masyarakat sangat mudah menjaga identitasnya, tidak perlu antri Diskkatail, bisa juga dilakukan secara online, warga melakukan tidak membuang waktu,” katanya.

Penyajian anggaran dilakukan dengan penyerahan 2 unit peralatan. Sedangkan usulan APBD 2023 menambah 10 unit program.

“Karena kami menganggap ini sebagai kebutuhan prioritas terkait dengan pelayanan kepada masyarakat,  kami menganggapnya dianggarkan dalam anggaran tahun depan,” kata Joha

Baca Juga :  DPRD Samarinda Adakan Diskusi Raperda Bersama DPRD Berau Membahas APBD 2021

About the author

pelangiutara

Pelangiutara.com menyajikan berita terbaru seputar Ekonomi, Livestyle, Olahraga, Berita Hangat, Live Streamming, Informasi tersaji 24 jam, dapat dinikmati melalui desktop, laptop hingga beragam gadget atau perangkat mobile lainnya.

Add Comment

Click here to post a comment