News

DPRD Samarinda Kaji Perusda Varia Niaga Segera Kelola Parkir Non Tunai

Pelangi Utara – Setoran parkir pinggir jalan merupakan salah satu setoran retribusi yang bocor setiap tahunnya. karena petugas parkir yang tidak berwenang mengontrol sebagian besar dari mereka. Mulai pertengahan tahun ini, Pemkot bekerja sama dengan Perusda Varia Niaga mengembangkan parkir non tunai melalui Dinas Perhubungan (Dishub) Samarinda. Tiga simpang jalan itu sekarang sedang menguji parkir non tunai, dan Perusda Varia Niaga bertanggung jawab atas proyek tersebut. Jalan KH Khalid, Jalan Panglima Batur, dan Jalan Pangeran Diponegoro adalah beberapa di antaranya.

Novi Marinda Putri, anggota Komisi II DPRD Samarinda, menegaskan pihaknya akan segera mengkaji pengelolaan parkir tersebut. Sebab, dia mengakui kerja sama Dishub Samarinda dengan BUMN belum berjalan efektif bagi masyarakat.

“Janjinya 1,5 bulan kan. Makanya kami berencana memanggil mereka di akhir bulan ini, setelah reses,” ungkapnya.

Anggota DPR dari Partai Amanat Nasional (PAN) itu menilai kerjasama Dishub Samarinda dan Varia Niaga akan membantu PAD Samarinda tumbuh. Terutama yang berasal dari tempat pembuangan sampah di pinggir jalan. Karena menurutnya, menggunakan parkir non tunai adalah cara terbaik untuk menghentikan kebocoran PAD yang berasal dari industry tersebut. Sederhananya, bersosialisasi bukanlah yang terbaik untuk lingkungan sekitar.

“Masih banyak ditemukan jukir yang tidak mengeluarkan mesin edisinya (alat bayar parkir non tunai), kalau tidak kita minta. Bagaimana kalau masyarakat yang tidak Tanya, tetap akan membayar tunai kan,” jelasnya.

Ia juga mengantisipasi sosialisasi rutin Perusda Varia Niaga ke lingkungan sekitar. Masuk akal jika Komisi II juga bermaksud memanggil Perusda Varia untuk mengkaji kemajuan apa yang telah dicapai belakangan ini dalam pengendalian parkir non tunai.

“Sosialisasi sekarang kan lebih mudah, karena ada sosial media. Ini yang saya lihat di sosial medianya juga tidak ada pemberitahuan. Bagaimana masyarakat mau tahu kalau sekarang pemerintah mulai menerapkan bayar parkir non tunai,” demikian Novi.

Baca Juga :  DPRD Samarinda Anggap Lembaga Pendidikan Tidak Peka Terhadap Maraknya Kasus Bullying Pada Anak

About the author

pelangiutara

Pelangiutara.com menyajikan berita terbaru seputar Ekonomi, Livestyle, Olahraga, Berita Hangat, Live Streamming, Informasi tersaji 24 jam, dapat dinikmati melalui desktop, laptop hingga beragam gadget atau perangkat mobile lainnya.

Add Comment

Click here to post a comment