Berita Pilihan Olahraga Uncategorized

Fornas VII Resmi Dibuka, Kontingen Kaltara: Siap Juara.. Juara.. Juara..!

SIAP JUARA: Kontingen Kaltara saat defile pembukaan Fornas VII Jabar, Minggu malam (2/7/2023).

BANDUNG, Pelangi Utara – Festival Olahraga Rekreasi Masyarakat Nasional (Fornas) VII Jawa Barat, telah resmi dimulai. Event olahraga masyarakat yang diselenggarakan dua tahun sekali tersebut dibuka oleh Menteri Koordinator (Menko) Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendi, Minggu malam (2/7/2023) di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung.

Kurang lebih 20 ribu pegiat hadir dan turut berpartisipasi. Jumlah pegiat ini dua kali lipat lebih banyak dari Fornas sebelumnya di Palembang, Sumatera Selatan. Dari 20 ribu itu, ada 174 pegiat dan official Kontingen KORMI Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) di dalamnya.

“Alhamdulillah Fornas VII Jabar sudah resmi dibuka. Kita siap raih prestasi yang gemilang dan lebih baik dari Fornas VI di Palembang lalu,” ucap Sekretaris Kormi Kaltara Mukhlis Ramlan

Diungkapkan Mukhlis, Kontingen Kaltara bertanding di 21 induk organisasi olahraga (inorga) dari 88 inorga yang dilombakan. Terdiri dari tiga kategori, yaitu olahraga kesehatan dan kebugaran, olahraga petualangan, serta olahraga tradisional dan kebudayaan, dengan 352 nomor pertandingan.

Fornas tahun ini menjadi even terbesar sepanjang penyelenggaraannya dengan diikuti 23.192 pegiat dari 38 provinsi dan saat defile, Kontingen Kaltara juga tampil serta menarik perhatian karena dua pegiat cantik dari Kaltara menggunakan pakaian adat Dayak.

“Kita bisa bilang kehadiran kontingen kita bisa bersaing dengan provinsi-provinsi yang sudah lebih dahulu ada daripada Kaltara” kata pria yang juga berprofesi advokat ini.

Terlebih, lanjutnya, Gubernur Kaltara H. Zainal A. Paliwang juga hadir pada acara pembukaan serta menyapa kontingen dengan lambaian tangannya dari tribun VVIP.

Hadirnya Gubernur, ia nilai menunjukkan dukungan orang nomor satu di Bumi Benuanta itu terhadap keikutsertaan kontingen. Karena, tidak semua gubernur hadir pada acara pembukaan.

Baca Juga :  Kontingen KORMI Kaltara Mulai Bertolak ke Bandung

“Tidak semua Gubernur seluruh Indonesia bisa hadir tadi malam untuk melihat langsung para kontingen masing-masing daerahnya bertanding. Tapi Gubernur Kaltara di antara beberapa Gubernur yang lain, langsung turun menyapa dari tribun utama, beliau hadir di tengah-tengah undangan,” ungkapnya.

Selain Menko PMK, dalam acara pembukaan juga hadir Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Ario Bimo Nandito Ariotedjo, Ketua Umum KORMI Nasional, Hayono Isman dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Saat memeriahkan defile Kontingen Kaltara mengenakan kostum berwarna biru putih bergambar hewan khas Kalimantan, Burung Enggang, disandingkan dengan maskot Fornas, Maung Lodaya (MALO) dan dua orang menggunakan pakaian adat Dayak. Kontingen Kaltara meneriakan Kaltara “Siap.. Juara.. Juara.. Juara..!”.

“Terima kasih kepada Bapak Gubernur Zainal A. Paliwang, Bupati Nunukan Ibu Asmin Laura Hafid, Ketua Kormi

Nunukan Andi Akbar dan Ketua Kormi Tarakan Suparlan serta Kadispora Kaltara Obed Daniel yang telah hadir dan menyaksikan pembukaan Fornas VII,” ucap Safril Husien, Ketua Kontingen Kormi Provinsi Kaltara Fornas VII Jabar.

Kontingen Kaltara defile Fornas VII Jabar

Safril juga mengucapkan terima kasih kepada pengurus Kormi Kaltara serta panitia kontingen yang terus bersemangat mengawal kelancaran setiap rangkaian kegiatan kontingen Kaltara pada Fornas VII Jabar. (TIM MEDIA/PU3)

 

 

About the author

pelangiutara

Pelangiutara.com menyajikan berita terbaru seputar Ekonomi, Livestyle, Olahraga, Berita Hangat, Live Streamming, Informasi tersaji 24 jam, dapat dinikmati melalui desktop, laptop hingga beragam gadget atau perangkat mobile lainnya.

Add Comment

Click here to post a comment